Friday, August 6, 2010


Bicara efektif

Kemampuan berbicara sangat penting dalam kegiatan bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari, selain kualitas pesan yang disampaikan, cara berbicara pun patut diperhatikan, pasalnya itu akan mencerminkan kepribadian kita sebenarnya. Nah, agar karir dan dan hubungan personal berhasil, kuasai 8 langkah bicara efektif berikut

1.      Sebelum bicara, pikirkan dulu apa yang akan anda sampaikan. Rangkai kata-kata sebaik mungkin agar pesan anda mudah dicerna oleh lawan bicara. Bertuturlah dengan gaya bahasa yang pantas, santun dan berbasa-basilah seperlunya.
2.      Saat berbicara, sesuaikan volume dengan kondisi lingkungan, jangan terlalu lirih, tetapitidak pula terlalu keras bila anda duduk berdekatan.
3.      Perhatikan nada suara. Usahakan berbicara dengan nada bervariasi, dan sesekali selingi humor tanpa menyinggung pribadi seseorang. Nada yang monoton akan membuat perhatian lawan bicara teralih dari fokus pembicaraan atau kemungkinan merasa bosan.
4.      Sesuaikan kecepatan berbicara dengan kondisi  dan kepentingan. Jangan berbicara terlalu cepat didepan umum, karena bisa jadi maksud anda tak terekam dengan baik. Berdiskusi di telepon yang sistematis, dan tidak berlambat-lambat.
5.      Perhatikan siapa yang diajak bicara, dalam suasana apa, materinya apa dan sebagainya. Ini penting, terutama bila urusannya terkait dengan pelajaran.
6.      Saat berbicara, perhatikan bahasa tubuh. Anda dapat duduk atau berdiri, tetapi yang pasti tatap mata lawan bicara agar ia menangkap kesungguhan anda. Meski sepele, efeknya sangat besar. Ketahuilah sungguh tidak sopan jika di tengah bicara mata memandang ke tempat lain.
7.      Gerak tangan dan tubuh, serta ekspresi wajah yan g tepat akan membantu
menyampaikan maksud pembicaraan anda
8.      Bila tidak sedang berbicara, didepan umum, lakukan pembicaran dua arah. Artinya saling merespons dengan menyampaikan argumen untuk menghasilkan buah pembicaraan yang
Positif



0 komentar:

Post a Comment