Friday, January 14, 2011


                Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan judul diatas, ya, perubahan iklim sepertinya sudah mulai terjadi. Jika dulu musim berjalan secara teratur, sekarang sudah tidak lagi. Dahulu biasanya pada bulan april- oktober adalah musim kemarau, dan oktober-april adalah musim penghujan, sekarang sudah lain. Bahkan di bulan September , hujan bisa turun dengan derasnya. Dan disaat yang dahulu musim hujan, justru sekarang bisa menjadi sangat panas di saat siang hari.
                Sebelum kita membahas tentang perubahan iklim, ada baiknya saya sampaikan dulu , apa sih yang di maksud dengan iklim itu, dan apa sih perbedaan antara iklim dengan cuaca. (saya rangkum dari berbagai sumber). Secara singkat iklim bisa dikatakan sebagai rata-rata dari cuaca. Iklim bisa dikatakan cuaca yang terjadi dalam jangka waktu cukup panjang, dan iklim pada dasarnya bisa diramal. Dan cuaca terjadi dalam jangka waktu yang lebih singkat dibanding iklim.
                Iklim di Bumi sangat dipengaruhi oleh panas di permukaan bumi, sedangkan panas bumi dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari.
                Dulu, radiasi matahari berjalan sesuai system, dan menyebabkan kesetimbangan panas yang stabil, dan iklim pun berjalan dengan teratur. Tapi sekarang, akibat banyaknya pencemaran, lapisan ozon pun mulai menipis, menyebabkan panas matahari yang masuk ke bumi lebih besar. Dan lebih parahnya lagi, panas matahari yang semestinya memantul kembali ke atas ternyata sekarang  tidak lagi. Hal ini di karenakan efek rumah kaca yang berlebihan. Efek rumah kaca tadi disebabkan gas rumah kaca yang berlebih. Panas matahari yang seharusnya kembali ke angkasa, malah terperangkap di atmosfer. Hal tersebut menyebabkan suhu di permukaan bumi bertambah. Peristiwa itu biasa disebut dengan istilah pemanasan global / Global warming.
                Nah, seperti yang telah kita ketahui bahwa iklim sangat dipengaruhi oleh panas di permukaan bumi, jika panas di permukaan bumi bertambah, itu bisa menyebabkan iklim akan berubah.
                Perubahan iklim tentu menyebabkan kerugian di berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, pertanian, dll. Dalam bidang pertanian, para petani , khususnya petani tradisional sudah mempunyai jadwal tanam sendiri-sendiri seperti jika bulan april- oktober adalah masa tanam tembakau (tembakau adalah tanaman yang masa tanamnya pada musim kemarau), tapi sekarang itu sudah tidak berlaku lagi, karena sekarang pada bulan-bulan tersebut yang semestinya musim kemarau, bisa turun hujan dengan deras . dan jika petani menanam tembakau pada bulan tersebut, maka tanaman tembakau akan terkena penyakit bahkan bisa mati karena kehujanan. Dan petani dibuat bingung kapan mereka akan menanam tanaman tembakau atau tanaman-tanaman lainnya. Hal itu tentu berdampak pada bidang ekonomi.
                Atau mungkin yang biasa kita alami saja. Saat kita akan berangkat ke sekolah atau bepergian, kita lihat langit sangat cerah, dan mungkin tidak akan turun hujan dan kita tidak membawa jas hujan karena kita kira tidak akan turun hujan. Tapi ternyata pada siang hari, saat akan pulang sekolah atau pulang ke rumah hujan turun dengan sangat deras, dan kita terjebak di sekolah karena tidak membawa jas hujan. Hal ini tentu sangat menjengkelkan.
Dan jika kita biarkan saja, perubahan iklim yang terjadi tentu akan semakin parah lagi. Dan dampak yang ditimbulkan akan jauh lebih merugikan. Oleh karena itu marilah kita jaga lingkungan kita, agar pemanasan global tidak semakin parah, dan perubahan iklim yang terjadi tidak terlalu parah juga.
“save our earth, stabilize our climate”
               
               

3 komentar: