Tuesday, January 18, 2011

 Perubahan iklim memang sudah sangat kita rasakan dampaknya, seperti cuaca yang tidak menentu, siang yang sangat panas, serta masih banyak lagi dampak lain yang sangat merugikan kehidupan kita.
 Selain dampak yang kita rasakan seharu-hari, ternyata dampak lain yang sangat merugikan terjadi di lautan. apakah itu?, berikut akan saya sampaikan alasan-alasannya .

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa perubahan iklim yang terjadi saat ini disebabkan bertambahnya suhu di permukaan bumi. bertambahnya suhu tersebut, tidak hanya terjadi di darat saja, melainkan juga terjadi di perairan laut.
 Bertambahnya suhu air laut menyebabkan alga yang merupakan makanan terumbu karang mati. alga tersebut mati dikarenakan tidak dapat beradaptasi dengan peningkatan suhu. matinya alga di laut menyebabkan terumbu karang kehilangan sumber makanan. dan lama kelamaan, terumbu karang akan berubah warna menjadi putih sebelum akhirnya mati (coral bleaching)
  foto coral bleaching (sumber : google )

 Tak hanya itu saja, anda tentu sudah mengenal peristiwa El Nino,(peningkatan suhu air laut, salah satu penyebabnya adalah pemanasan global).pada saat terjadi El Nino, kerusakan terumbu karang terjadi dengan sangat parah.
 Pemutihan karang yang terjadi menyebabkan ikan-ikan yang bernilai ekonomi tinggi yang berjenis ikan karang, seperti kerapu karang , napoleon. tidak memiliki tempat yang layak untuk ditinggali, dan kehilangan sumber makanan. dan ikan pun lama kelamaan juga akan mengalami kepunahan.(perlu di ketahui, bahwa Indonesia memiliki ribuan jenis ikan karang).
foto ikan napoleon(sumber: google)
foto ikan kerapu (sumber : google)

 Tak hanya jenis ikan karang saja yang mengalami ancaman kepunahan. ikan-ikan  yang yang sensitif terhadap kenaikan suhu juga terancam kepunahan. Ikan yang sensitif tersebut, akan bermigrasi ke tempat yang lebih dingin. hal itu tentu saja menyebabkan berkurangnya ragam hayati di laut Indonesia.

 Mungkin sangat sulit untuk bisa menghilangkan dampak negatif dari perubahan iklim seperti diatas. tapi kita bisa mengurangi dampaknya atau lebih sering disebut mitigasi. Mitigasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembudidayaan ikan jenis karang dan juga jenis ikan yang sensitif terhadap kenaikan suhu.
Pemerintah tentu memiliki kewajiban untuk melakukan budidaya, tapi kita juga bisa ikut membantu pemerintah dengan cara mengurangi penyebab perubahan iklim, yaitu dengan hemat energi, kurangi polusi, dan banyak lagi.

 "a little think can make a big good effect"

2 komentar: