Ketika sedang bekerja menggunakan komputer, terkadang Anda mungkin pernah ingin membuat sebuah screenshot pekerjaan yang sedang Anda kerjakan pada monitor. Apabila Anda pengguna sistem operasi Windows, maka Anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Cukup dengan mengoperasikan beberapa tombol pada keyboard, Anda pun akan mendapatkan sebuah screenshot.
Anda dapat menyimpan cuplikan gambar atau screenshot pada layar Anda dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Pada dasarnya, tombol Print Screen bertugas untuk menyimpan tampilan monitor ketika tombol tersebut ditekan. File gambar pertama kali akan disimpan di dalam clipboard, dan dapat Anda pindahkan kemudian dengan menggunakan pilihan “Paste” atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + V.
Anda dapat memindahkan screenshot pada aplikasi pengolah gambar seperti MS Paint, atau Anda juga dapat memindahkannya pada dokumen Word secara langsung. Dengan memilih opsi “Paste”, maka Anda dapat memindahkan tampilan screenshot layar monitor Anda.
Fitur Print Screen dapat sangat bermanfaat terutama ketika Anda sedang browsing internet, dan kemudian Anda ingin menyimpan beberapa konten halaman tanpa ingin menyimpan keseluruhan halaman secara utuh. Atau fitur ini juga dapat Anda gunakan untuk menyimpan tampilan hasil kerja Anda.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.