Tuesday, February 23, 2010

Mencontek, nurun atao apalah...... merupakan perbuatan yang sangat buruk (menurut saya, dan mungkin anda juga merasa begitu.)... mengapa??????... berikut alasan-alasan saya...:
1. mencontek artinya meremehkan kemampuan kita... kita tidak yakin akan kemampuan berfikir otak kita.....
2. mencontek (terkadang) sangat merugikan orang lain yang dicontek....
3. bila kita mencontek, maka hasil yang dicapai... tidak 100% kita yang mengusahakannya, karena ada sebagian atau mungkin malah seluruh pekerjaan kita (parah banget) adalah pemikiran orang lain...
4. mencontek merupakan tindakan yang sangat keji (hahaha)_
5.mencontek akan melatih (membiasakan) diri kita untuk berbuat kecurangan dalam setiap perbuatan yang kita lakukan...
6. mencontek akan memperlihatkan betapa sangat boddohnya diri kita..
7.masih banyak lagi kerugian-kerugian lainnya,,,
...
nah marilah teman-temanku, ayo latih diri kita untuk tidak berbuat kecurangan. khususnya mencontek...
berdasar pengalamanku...
aku dulu juga pernah sih suka nyontek, trus aku pikir-pikir deh kebiasaan burukku itu... ternyata lebih banyak kerugiannya daripada manfaatnya...
seperrti:
1. kita akan lebih termotivasi untuk belajar
2. kita akan lebih terlatih untuk mensyukuri nikmat..
3. nilai yang kita dapat merupakan hasil jerih payah pemikiran kita sendiri,walaupun kurang memuaskan,.
4. jiwa kita tidak terlatih untuk berbuat kecurangan
5. dll.

cobalah temanku,, hilangkan kebiasaan buruk (mencontek ) dari hidup kita. insya Allah hidup kita akan lebih baik....
tips:
untuk menambah semangat kita untuk tidak mencontek, saran saya buatlah surat pernyataan yang anda tulis dengan tangan anda sendiri, bahwa anda tidak akan mencontek lagi... contoh:

bismillahhirohmaanirrohiim
dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, saya yang bertanda tangan dibawah ini:
nama: [nama anda]
TTL: [ttl anda]
berjanji dengan diri saya sendiri, bahwa saya tidak akan mengotori hasil jerih payah pemikiran saya, khususnya dalam bidang akademis.... SAYA TIDAK AKAN MENCONTEK LAGI!!....

saya mulai langkah saya dengan Basmallah, saya akan berusaha untuk selalu menjaga janji saya....
saya yakin Allah akan ada bersama saya, dalam setiap langkah saya....

ttd.



[nama anda]
Semoga berhasil...

0 komentar:

Post a Comment